Tour Wisata Lampung

Wisata Pantai Lampung

Berikut adalah pantai yang paling populer dan sering dikunjungi :

 

1.PANTAI MUTUN & PULAU TANGKIL

Pantai Mutun terletak 9 km atau sekitar 45 menit dari pusat kota, menawarkan keindahan alam panorama pantai berpasir putih yang masih alami menghadap Teluk Lampung. Pantai Mutun merupakan pantai yang paling dekat dengan Bandar Lampung. Terletak di Desa Sukajaya Lempasing Kecamatan Padang Cermin, dapat ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 20 menit dari pusat kota Telukbetung. Fasilitas rekreasi : pondokan, penyewaan perahu, kano, banana boat serta arena outbound dan berkemah di Pulau Tangkil. Pulau ini dapat ditempuh sekitar 15 menit, memiliki luas kurang lebih 12 hektar dengan fasilitas berupa penginapan, agro wisata, watersport, kendaraan ATV dan arena outbound.

2.PANTAI SARI RINGGUNG & PULAU TEGAL

Pulau ini merupakan pulau favorit untuk snorkeling bagi pecinta wisata bahari lokal Bandar Lampung. letaknya yang tidak jauh dan kondisi perairan yang cukup terjaga menjadikan pulau tegal tempat rekreasi favorit akhir pekan. Untuk mencapai Pulau Tegal dapat menyewa Perahu dari pantai Sari Ringgung masuk di km 15 arah menuju pantai.

3.PANTAI KLARA

Nama Klara diambil dari kependekan dari Kelapa Rapat. Dimana lokasi pantai ini sangat banyak pohon kelapa yang jaraknya berdekatan sehingga membentuk kanopi atau peneduh bibir pantai. Lokasi Pantai Klara (km 22) tepat di teluk Lampung menghadap Barat Daya. Ombaknya tak terlalu besar, sehingga memberikan rasa aman bagi pengunjung. Pasir putih yang mendominasi pantai ini merupakan panorama alam yang sangat menakjubkan. Melewati gerbang pangkalan TNI AL dan dermaga di sekitar Padang Cermin (lihat gambar), kita harus bersiap-siap tiba di lokasi. Disambut oleh pantai indah yang pertama yaitu Klara II kemudian Klara 2 pantai yang dimaksud.

4.PULAU KELAGIAN

Tidak jauh dari Pelabuhan Ketapang (km 21) hanya sekitar perjalanan laut kurang lebih 5 menit, di depan perjalanan akan nampak pulau yang cukup besar. Inilah Pulau Kelagian, di beberapa titik terdapat spot yang cukup menarik untuk snorkeling atau sekedar duduk-duduk menikmati pemandangan di pinggiran pantai berpasir putihnya.

5.PULAU PAHAWANG

Pulau Pahawang (sekitar 5 menit dari Pulau Kelagian) terletak di Teluk Lampung. Secara administratif masuk di wilayah Punduh Pidada Kabupaten Pesawaran. Total luas pulau Pahawang 1,084 ha dihuni oleh sekitar 400 kepala keluarga. Pulau ini dikenal dengan hutan mangrovenya dan pantai pasir putih yang panjang. Pantai pasir yang memanjang akan timbul seperti pulau pasir di Pahawang Lunik bila sedang surut. Pulau ini sering dikunjungi untuk snorkeling atau sekedar santai atau di pasir putih. Keindahan terumbu karang dan ikan laut bisa dilihat hanya beberapa meter dari pinggir pantai. Kumpulan ikan warna-warni begitu dekat saat menyelami pantai Pahawang. Beberapa jenis terumbu karang yang ada di pulau ini adalah karang jahe, karang kapur, karang otak, karang nanas, karang anemon, dan karang seroja. Jenis ikan yang masih ada di pulau, seperti ikan nyongyong hitam dan kuning, ikan batok biru, ikan tempala, dan ikan naso. Nama ikan dan terumbu karang ini yang biasa digunakan masyarakat Pahawang. Perjalanan menuju pulau Pahawang dapat dicapai melalui Dermaga Ketapang selama 40 menit. Perjalanan menuju pulau menjadi bagian dari wisata yang sangat menyenangkan. Apalagi jika perjalanan dilakukan menjelang matahari tengelam. Pemadangan sunset menjadi hal yang begitu menyenangkan untuk diabadikan dalam foto.

6.PULAU TANJUNG PUTUS

Pulai Tanjung Putus dapat ditempuh dengan perjalanan laut sekitar 20 menit dari Pelabuhan Ketapang / 10 menit dari Pulau Pahawang pada saat cuaca cerah & gelombang laut kecil. Pulau ini disebut Tanjung Putus dikarenakan pulau ini dahulunya adalah menyatu dengan daratan. akan tetapi karena erosi maka ujung daratan terputus membetnuk pulau yang hanya dipisahkan beberapa meter saja. Selat kecil yang memisahkan pulau banyak digunakan untuk budidaya ikan laut dalam keramba dikarenakan arus dan ombak yang tenang. Salah satu dermaga menyajikan atraksi ikan yang serta merta berkumpul bila ditaburkan makanan roti kering.

7.TELUK KILUAN

Teluk ini terletak di Kabupaten Tangamus merupakan sebuah teluk dengan potensi wisata bahari. Panorama eksotik dari teluk ini merupakan jalur lintasan lumba-lumba, mulai dari gugusan Cengkalik ke arah selatan sampai ke Cuku Kementara, lumba-lumba sebaiknya dilihat pada pagi hari pukul 06.00.Tidak jauh dari Teluk Kiluan terdapat pantai berpasir putih. di sekitar pulau merupakan tempat ideal bagi aktifitas wisata air, seperti snorkeling, memancing, dan berperahu. Kehidupan masyarakat sekitarnya yang masih tradisional merupakan perpaduan budaya Bali (transmigrasi), Lampung (pribumi) dan Jawa (transmigrasi), dapat dicermati dalam perjalanan menuju Teluk Kiluan dari Bandar Lampung. Kiluan berjarak 73 km dapat dicapai selama 3 jam perjalanan dari Bandara Lampung. Teluk Kiluan terletak di Provinsi Lampung, yang terkenal dengan banyaknya lumba-lumba, disekitaran Teluk Kiluan. Daerah ini juga terkenal dengan keindahan alam dan surga bagi lumba lumba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *